Selamat Datang Di Blog "FindTheRightWay" Semoga kamu dapat mengambil semua hal positif yang ada di blog ini

Rabu, 20 Agustus 2014

SMP Favorit di Purworejo

Selamat datang di blog saya, tak lupa dengan segala kerendahan hati saya ucapkan selamat membaca coretan saya. Mungkin bagi adik-adik yang saat ini duduk di bangku kelas 6 SD ataupun orang tua yang sedang mencari-cari referensi SMP favorit/terbaik se Kabupaten Purworejo, saya akan mencoba membantu mengulas beberapa SMP terbaik/favorit di Purworejo. Coretan dan ulasan ini tentunya atas dasar pengamatan pribadi dan beberapa sumber dan fakta di masyarakat Kabupaten Purworejo khususnya. Walaupun tentunya tak lepas dari unsur subyektivitas penulis tapi penulis berusaha seobyektif mungkin. Oke tanpa mukadimah yang panjang untuk SMP yang paling favorit di Purworejo ada dua yaitu SMP N 2 Purworejo dan SMP Ngeri 3 Purworejo tentunya ke dua SMP tersebut sudah sangat umum diketahui masyarakat Purworejo dan sudah menjadi buah bibir yang amat masak bahwa ke dua SMP tersebut adalah 2 besar ICON pendidikan tingkat SLTP di Purworejo. Terlepas dari 2 lembaga tersebut yang sudah dipandang masyarakat terlanjur bagus, kalau boleh penulis sedikit mereview dan mengurutkan intensitas ke favoritan atau kasaranya kalau boleh penulis memeringkatkan beberapa SMP yang ada di Purworejo tanpa tendensi maupun mendiskreditkan salah satu lembaga yaitu sebagai berikut :

1. SMP NEGERI 2 PURWOREJO

Bangunan gedung sekolah ini mula-mula dibangun pada tahun 1917, oleh pemerintah Hindia Belanda. Bangunan asli berdiri di atas tanah seluas 6580 meter persegi, terdiri 7 ruang belajar, sebuah bangsal oleh pemerintah Hindia Belanda bangunan ini digunakan untuk ELS (  Europese Lagere School ) sebuah sekolah untuk anak-anak Belanda. SMPN2 ini terletak di jantung kota Purworejo sekolah ini adalah ex: RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) dan menduduki posisi teratas sebagai sekolah tervaforit/terbaik di Purworejo, tentunya sekolah ini menjadi terfavorit bagi masyarakat Purworejo kota ( warga domisili sekitar sekolah tersebut ). Sekolah ini selain mengadakan kelas reguler masa belajar 3 tahun, rupanya juga membuka kelas Akselerasi/Percepatan yaitu masa belajar 2 tahun. Untuk tahun lulusan 2010/2011 nilai UN dairih sekolah ini masuk 7 besar terbaik se Provinsi Jawa tengah sedangkan untuk tahun lulus 2013/2014 sekolah ini menduduki peringkat 2 terbaik provinsi jawa tengah dengan perolehan rata-rata nilai UN 36.71. Berdasarkan nilai masuk PPDB 2014 passing grade terbawah untuk diterima di SMPN2 yaitu siswa lulusan SD harus mempunyai nilai UN 26.85 dan passing grade tertinggi 29.55. Fantastis rupanya rerata nilai  UN SD yang masuk di SMPN2 tahun 2014 yaitu 27.76 dan bila dibagi dengan 3 mapel yaitu 9.25. sekolah ini biasanya setiap tahun ajaran baru menerima peserta didik baru sebanyak 192. Sekolah ini sangat seimbang jika dibandingkan apple to apple dengan SMPN3 walaupun sekolah ini satu tingkatan lebih mengungguli dari SMPN3. Output dari sekolah ini umumnya terkenal dengan istilah bedol desa melanjutkan di SMA Favorit di Purworejo yaitu SMA N 1 Purworejo, tapi bagi mereka yang terdepak atau punya motivasi lain biasanya memilih SMA/SMK dengan persaingan di bawah SMA1. Serta siswa-siswi di sekolah ini bersamaan dengan siswa-siswi SMPN3 sering mewakili kabupaten purworejo dalam berbagai ajang lomba bergengsi tingkat Provinsi bahkan sering juga  pulang berpenghargaan dan membawa medali dalam lomba tingkat nasional. Yang paling fenomenal adalah di bulan januari 2013 salah satu siswa SMPN2 berhasil meraih medali perunggu pada Olimpiade Sains Internasional di Teheran, Iran. Tak ketinggalan pula juara II tingkat Nasional penggalang putri.

2. SMP NEGERI 3 PURWOREJO
Bangunan gedung sekolah terfavorit/terbaik ke dua di Kabupaten Purworejo ini terletak strategis di pusat perekonomian kecamatan kutoarjo yaitu tepatnya di sebelah utara alun-alun Kutoarjo. Sekolah ini dulunya bernama SMP N 1 Kutoarjo yang tentunya sekolah ini sangat favorit bagi masyarakat yang berdomisili sekitar Kutoarjo, Bayan, Kemiri, Butuh, dan Grabag. SMP N 3 Purworejo adalah ex sekolah pertama kali di Kabupaten Purworejo yang menyandang rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) di masanya. Kualitas dan mutu di sekolah ini tak dapat dinafikan karena sekolah ini dalam berkompetisi selalu menjadi bayang-bayang/pesaing berat SMPN2 contohnya saat diadakanya pagelaran rutin pra UN yaitu TUC1 UN SMP se Kabupaten Purworejo yang terdiri lebih dari 11 ribu siswa kelas IX tertera peringkat 100 besar hanyalah menjadi monopoli SMPN3 dan SMPN2. Untuk peringkat TUC1 100 besar kabupaten, SMPN3 menyumbangkan 45 siswa terbaiknya sedangkan SMPN2 hanya menyumbangkan 37 siswa, untuk peringkat 10 besar didominasi oleh siswa SMPN3 Purworejo maka dari itu sekolah ini dalam berkompetisi selalu menjadi bayang-bayang rival beratnya yaitu SMPN2 menurut penulis kualitas SMPN2 dan SMPN3 tidaklah jauh berbeda hanya sebatas unsur kerelatifan. SMPN3 Purworejo juga dikenal sebagai sekolah pencetak sang juara, sekolah ini juga tidak kalah eksis sering menjuarai berbagai ajang perlombaan. Untuk nilai masuk passing grade/nilai terbawah PPDB 2014 disekolah ini adalah 26.20  dan nilai tertingggi di sekolah ini yaitu 29.10 rata-rata (9.7). Namun daya tempung sekolah ini berbeda dengan jajaran sekolah peringkat teratas lainya. Kalau biasanya SMPN2, SMPN5, dan SMPN1 menerima peserta didik sebanyak 192 setiap tahunya akan tetapi SMPN3 menerima peserta didik baru lebih banyak dibanding rivalnya yaitu sebanyak 224 siswa baru. Jadi dengan daya tampung yang terbilang cukup banyak untuk sekolah yang kualitasnya tidak diragukan lagi menjadi nilai plus bagi calon siswa yang ingin mengakses pendidikan berkualitas di SMP N 3 Purworejo. Peringkat UN se provinsi jawa tengah untuk tahun 2010/2011 berhasil menduduki posisi 8 teratas di bawah SMPN2 sedangkan pada tahun lulus 2013/2014 SMPN3 sedikit mengalami kemrosotan yaitu peringkat 9 Provinsi Jawa Tengah. Saking banyaknya alumni dari sekolah ini sehingga mereka menyebar di berberapa SMA/SMK favorit tapi tak kalah juga output/lulusan dari SMPN3 turut mendominasi bersamaan dengan SMPN2 yaitu mendominasi di SMA N 1 Purworejo. Biasanya juga alumni dari SMPN3 ada yang menyebar ke SMAN7, SMKN1, SMAN2, maupun SMKN2.

3. SMP NEGERI 5 PURWOREJO
SMPN 5 Purworejo adalah sekolah berstandar SSN yang beralamat di Jl. Wirotaman No. 8 Kutoarjo yaitu tepatnya di sebelah timur alun-alun kutoarjo atau di sebelah barat pasar hewan kutoarjo. Sekolah yang menduduki peringkat ke 3 terbaik/favorit di Kabupaten Purworejo ini adalah  SMP N 5 Purworejo yang dulunya bernama SMP N 2 Kutoarjo. Jikalau kita lihat berdasarkan fakta sekolah ini menjadi sekolah favorit ke dua setelah SMPN3 bagi masyarakat yang berdomisili sekitaran kutoarjo dan kemiri. Boleh dikata karena lokasinya bertetanggan sekolah ini selalu berebut peserta didik baru terbaik dengan SMPN3 Purworejo, bahkan sekolah ini sering menjadi tujuan alternatif anak SD yang mempunyai nilai UN tinggi tapi entah orang tuanya yang takut akan biaya jika memasukan anaknya ke SMPN3 yang sempat mengekslusifkan sebagai sekolah mahal karena statusnya RSBI, jadi sekolah ini banyak menjadi pelarian siswa-siswi SD yang mempunyai nilai UN tinggi, sekolah ini sangat terkenal dengan sekolah berkualitas tapi sangat merakyat. Sekolah ini menyediakan kelas reguler dan kelas imersi. Keduanya merupakan tipe kelas yang tidak berpengaruh terhadap waktu tempuh pendidikanya yaitu sama-sama 3 tahun, mungkin hanya berbeda jika kelas imersi siswa-siswi peringkat teratas dalam PPDB yang berhak menjajakan kemampuan otaknya untuk menikmati hidangan spesial penyampaian materi di kelas imersi sedangkan kelas reguler adalah kelas pada umumnya. Sekolah ini sangat seimbang jika dibandingkan head to head dengan SMP N 1 Purworejo. Sekolah ini dalam berkompetisi menjadi yang terbaik di Kabupaten Purworejo selalu bersaing dengan SMPN1 dimana sering bertengger antara posisi ke 3 terbaik dan terkadang ke 4 terbaik di Kabupaten Purworejo. Nilai masuk PPDB 2014 passing grade/nilai terbawah di sekolah ini yaitu 25.35 sedangkan nilai tertinggi yaitu 28.95 rerata (9.65). Untuk hasil UN 2014 sekolah ini menduduki peringkat 3 Kabupaten Purworejo namun belum bisa mencapai 10 besar peringkat provinsi layaknya SMPN2 dan SMPN3. Sangat membanggakan untuk sekolah ini dan kabupaten Purworejo tentunya saat momen kelulusan tahun 2013/2014 salah satu dari siswa SMPN5 mendapatkan predikat peringkat 1 nilai UN se Provinsi Jawa Tengah dengan nilai tertinggi se provinsi yaitu 39.20 mengungguli seluruh peserta UN SMP provinsi jateng. Berdasarkan pengamatan penulis output/lulusan dari sekolah ini lebih fleksibel biasanya mereka menyebar ke SMK/SMA favorit banyaknya ke SMKN1, SMAN2, SMKN2, dan biasanya yang melanjutkan ke SMA N 1 Purworejo sekitar 15 s.d. 30 siswa tidak berduyung-duyung bedol desa layaknya SMPN2 dan SMPN3.

4. SMP NEGERI 1 PURWOREJO
Sekolah ini menduduki peringkat ke 4 Kabupaten Purworejo dan tentunya sekolah yang berlokasi di sekitar pusat kota Purworejo ini menjadi favorit ke dua setelah SMPN2. Bangunan sekolah ini terletak sangat strategis di jantung kota Purworejo di mana letaknya berdampingan dengan SMAN7 di sebelah selatan museum Tosan Aji. Berdasarkan pengamatan penulis tanpa tendensi merendahkan sekolah ini sangat minim pembangunan bisa dilihat dari plang/papan nama sekolah untuk standar sekolah jajaran atas di kabupaten Purworejo, saat artikel ini di tulis masih terbuat dari lempengan tipis dari plat baja di mana rata-rata sekolah lain sudah menggunakan cor beton dan berhias perlak-perlik keramik. Serta bisa juga dilihat dari luar sangat kentara di mana lapangan basket yang sudah sangat uzur jeruji dan jejaring lapangan basket korosi termakan usia. Nilai plus dari bangunan sekolah ini masih mempertahankan warisan bangunan-bangunan budaya belanda di mana identik dengan ruangan sangat lega dan langit-langit yang ekstra luas sehingga suasana belajar di SMPN1 sangatlah nyaman serasa retro tempoe dulu bisa jadi diimajinasikan belajar tempo dulu tempo perjuangan melawan penjajahan dan penindasan lahir batin. Sangatlah wajar jika bangunan-bangunan SMPN1 merupakan bangunan-bangunan bercorak belanda karena sekolah ini adalah sekolah tertua di Kabupaten Purworejo. Konon sekolah ini dulu sempat menjadi SMPN terbaik Se Purworejo dan menjadi kiblat standar kualitas SMP Negeri di Purworejo. Seiring berjalanya waktu rotasi roda itu berputar tidaklah selalu diatas tapi terkadang dibawah juga, sehingga seiring dengan kuncup bunga menjadi layu lambat lahun kedigdayaan sekolah ini tersalip oleh rivalnya SMPN2 & SMPN3 dan sempat bertahun-tahun bertengger menduduki kursi no 3 terbaik Purworejo. Seiring dengan rona memerah matahari pagi menjadi siluet terbenamnya matahari sore usut punya usut dan omong punya omong posisi peringkat sekolah ini menurun satu tingkat dibawah posisi nyamanya yaitu peringkat 4 Purworejo dari berbagi ajang perhelatan uji coba UN maupun UN resmi yang diselenggarakan pemerintah pusat. PPDB 2014 passing grade/nilai terbawah sekolah ini yaitu 25.85 dan nilai tertinggi yaitu 28.75 sementara itu rata-rata nilai masuk SMPN1 adalah 26.6 rerata (8.86). Alumni/output dari sekolah ini terkenal dengan istilah lompat pagar setelah lulus dimana mereka banyak yang melanjutkan ke SMA N 7 Purworejo yang hanya berbatasan dengan sekat dinding diantara keduanya, sedangkan yang melanjutkan ke SMA N 1 Purworejo rata-rata sebanyak 30 s.d. 50 siswa tetap masih kalah banyak dengan alumni SMPN2 & SMPN3. Alumni sekolah ini relatif fleksibel banyak juga yang menyebar ke SMKN1, SMAN6, SMKN3, dan lain-lain.

5. SMP NEGERI 4 PURWOREJO
Bertengger di peringkat ke 5 Kabupaten Purworejo yaitu SMP N 4 Purworejo yang menjadi favorit ke tiga setelah SMPN2 dan SMPN1 karena sebagai jajaran sekolah yang terletak di jantung kota Purworejo. Sekolah ini beralamat di Jalan Urip Sumoharjo 62 Purworejo 54111 tepatnya di sebelah barat gedung kesenian Sarwo Edi Wibowo atau lebih tepatnya alun-alun Purworejo jalan perempatan pojok timur utara lurus ambil arah jarum jam 3. Bisa juga dibilang bertetanggaan dengan SMP N 2 Purworejo. Karena jaraknya tidak terpaut jauh dengan SMPN2 hanya bisa dijangkau dengan derap langkah nan gagah perkasa tanpa rasa lelah yang mengena. Jika anda melewati dan sekilas mengamati bangunan sekolah ini maka first impression untuk bangunan sekolah ini terkesan modern dan menurut pandangan penulis gedung sekolah ini sangat enak digerayangi dengan mata telanjang. Permainan arsitek dan penataan akan denah lokasi untuk sekolah ini boleh dikata sangatlah bagus dan modern sehingga ketakzimanpun patut dirasa. Sekolah ini adalah 3 dari SMP yang terletak di jantung kota Purworejo dimana menduduki 5 besar SMP terbaik Purworejo. Untuk PPDB 2014 pendaftar yang tentunya dari latar belakang pendidikan Sekolah Dasar dengan passing grade 25.15 dan nilai tertinggi 28.30 rata-rata (9.43). Alumni/output sekolah ini biasanya setelah lulus rata-rata melanjutkan ke SMKN1, SMKN3, SMAN7, SMAN3, SMAN6, SMAN5, dan biasanya bibit-bibit unggul penakhluk nilai UN dari sekolah ini segelintir berlarian memperebutkan bangku SMA N 1 Purworejo.

6. SMP NEGERI 8 PURWOREJO

Sekolah yang berlokasi di jalan raya 369 Purwodadi ini menduduki posisi ke 6 terfavorit kabupaten purworejo  dan tentunya menjadi kebanggaan dan favorit masyarakat kecamatan Purwodadi. Sekolah ini didirikan pada tahun 1965 dengan status SMP persiapan.  Penegerian berdasarkan surat keputusan SK Menteri P dan K RI nomor 0213 / C.1975 tanggal 26 – 09 - 1975, TMT : 01 – 10 – 1975. Sejak beroperasi sekolah ini sampai sekarang telah meluluskan sejumlah lebih dari 8000 siswa (Berdasarkan web sekolah). SMP N 8 Purworejo berdasarkan statistik rata-rata peringkat hasil TUC UN kabupaten menduduki peringkat 6 kabupaten di mana naik dari posisi sebelumnya 8 kabupaten. Jika kita lihat data hasil final penjaringan siswa baru tahun 2014/2015 PPDB SMP Purworejo untuk passing grade atau nilai minimal peserta didik baru di tahun tersebut 22.35 sedangkan nilai tertingginya 29.15. Kalau kita lihat berkiblat pada nilai tertinggi tahun tersebut memang sangat fantastis 29.15 hemat penulis jikalau sekolah mampu mengolah dengan maksimal anak tersebut akan menjadi bibit-bibit unggul yang membawa nama besar lembaga. Alumni/output dari sekolah ini biasanya menyebar tidak mendominasi di satu sekolah ada juga ke SMAN1, SMAN7, SMAN3, SMAN6, SMKN1, SMKN3, SMKN7, SMKN8 dll 



7. SMP NEGERI 20 PURWOREJO


Kecamatan tuju nyawa siapa yang tak kenal dengan istilah tersebut dimana SMP Negeri 20 Purworejo berlokasi. Sekolah ini dulu dikenal sebagai SMP Negeri 1 Pituruh yang diresmikan tanggal 18 Maret 1982. Sekolah ini jikalau boleh dikata terletak jauh dari pusat kota dengan  jarak hampir 30 km dari pusat kota. Walaupun sekolah ini terletak jauh dari peradaban kota dan boleh dikata di pinggiran namun tidak demikian dengan prestasinya, institusi ini mempunyai prestasi yang tidak kalah dengan sekolah yang ada di perkotaan karena dengan tekat pelayanan prima dari lembaga ini terhdap sosial ekonomi masyarakat sekitar kecamatan Pituruh. Bukti eksistensi akan prestasi sekolah ini adalah di mana pernah menjuarai OSN Biologi tingkat provinsi serta mutu dan kualitas sekolah ini tidak ketinggalan pula dengan dibukanya kelas reguler dan kelas imersi layaknya sekolah-sekolah kota SMPN1, SMPN, 4, dan SMPN5. Pada tahun 2005 SMP Negeri 20 ditetapkan sebagai Sekolah Standar Nasional oleh Depatemen Pendidikan Nasional. Setali tiga uang dengan lokasi sekolah ini yang amat mewah maka kultur budaya pergaulan dari siswa-siswi di sekolah ini tentunya juga tidak terlalu neko-neko bisa dikata siswa-siswinya polos-polos. Berdasarkan PPDB 2013/2014 passing grade sekolah ini adalah 24.50 dan nilai tertinggi 28.55. Beberapa alumni sekolah ini biasanya  mereka mencoba atmosfer belajar yang berbeda dengan melanjutkan sekolah-sekolah yang ada di perkotaan ada yang ke SMAN1, SMAN7, SMAN2, SMKN1, SMKN2  dan lain-lain.



8. SMP N 7 PURWOREJO & SMP N 6 PURWOREJO




Untuk posisi ke delapan tentunya ada dua kandidat rival yang sama-sama bertengger, sulit membedakan mana yang lebih unggul diantara SMPN6 dan SMPN7. Untuk SMP N 6 Purworejo yaitu salah satu SMP yang terletak di jalan ksatria berada hampir di jantung kota Purworejo. Passing grade PPDB SMPN6 untuk tahun 2014/2015 adalah 24.15 sedangkan nilai tertinggi tahun tersebut adalah 27.15. Output/alumni SMPN6 menyebar diberbagai sekolah pusat kota Purworejo dan sekitarnya misal SMKN1, SMKN3, SMKN7, SMKN8, SMAN1, SMAN2,SMAN3, SMAN7, SMAN8, SMAN9 dan lain-lain.
Sedangkan ulasan singkat untuk SMP N 7 Purworejo yaitu SMP Negeri 7 Purworejo berlokasi di Desa Dukuhdungus, Kecamatan Grabag, di jalan Kutoarjo-Ketawang Kabupaten Purworejo. Sekolah ini tentunya adalah sekolah kebanggaan dan menjadi terfavorit bagi masyarakat Kecamatan Grabag. SMP N 7 Purworejo dulunya bernama SMP Negeri 1 Grabag adalah SMP yang didirikan pertama kali di wilayah kecamatan Grabag, memperoleh penegerian pada tanggal 13 Oktober 1975 yang sekaligus diperingati sebagai Hari Jadi SMP Negeri 7 Purworejo. Di tahun 2005 SMP Negeri 7 Purworejo menjadi Sekolah Standar Nasional. Prestasi baik akademik dan non akademik SMP N 7 Purworejo menempati peringkat 1 di wilayah kecamatan Grabag, dan selalu masuk peringkat 10 besar untuk tingkat Kabupaten Purworejo, bahkan untuk beberapa perlombaan SMP N 7 Purworejo mampu menjadi juara 1 tingkat Kabupaten. Untuk passing grade di PPDB 2013/2014 passing grade adalah 23.60 dan nilai tertinggi untuk SMP kebanggaan masyarakat Grabag ini 28.35. Output/alumni sekolah ini jika siswi dan memilih studi lanjut SMK biasanya berlarian ke SMKN2, jika siswa berpencar ke SMKN1, SMKN4, SMKN6, dan hanya jika memilh ke melanjutkan ke SMA mayoritas alumni sekolah ini melanjutkan ke SMAN2, sebagian kecil  ke SMAN1, SMAN6, & SMAN7. 

9. SMP DARUL HIKMAH KUTOARJO & SMP IT ULUL ALBAB PURWOREJO
Tidak disangka posisi SMP favorit dan sering bertengger sebagai juru kunci menduduki 10 besar hasil UN Kabupaten adalah ke dua SMP Boarding School. Pondok pesantren atau bahasa kerenya boarding school yaitu sekolah dengan fasilitas di mana para siswa-siswi diasramakan. Pendidikan dengan sistem boarding school ini adalah pendidikan yang terintegrasi, yaitu mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali setiap siswa diawasi serta pelajaran formal maupun non formal diberikan selama 24 jam nonstop. Interaksi siswa yang disekolahkan di boarding school sangat berbeda dengan yang disekolahkan di SMP Negeri/swasta pada umumnya. Biasanya siswa-siswi di kedua sekolah ini sangat mandiri serta terbiasa mengurus sendiri dan disiplin waktu.
 * SMP DARUL HIKMAH KUTOARJO *









Darul Hikmah adalah sebuah SMP yang lokasinya berada di utara pasar Kutoarjo sekolah ini memiliki visi sebagai sekolah boarding school yang menghasilkan lulusan cerdas, tangguh, dan berakhlak mulia. Menurut penulis sekolah ini mempunyai berbagai keunggulan dalam mendidik siswa di mana siswa tidak hanya diberikan materi untuk bekal dunia semata melainkan materi-materi keagamaan yang tidak didapatkan di SMP umum karena pada hakikatnya pendidikan bukan sekadar proses transformasi ilmu dan teknologi saja. Pendidikan adalah sebuah proses pengembangan dan pembinaan manusia agar memiliki integritas iman, ilmu, dan amal. Untuk masuk ke sekolah ini tidak semudah mendaftar di SMP Negeri pada umumnya yang hanya menggunakan nilai UN semata, mereka yang mendaftar di sekolah ini menjalani serangkaian seleksi dari tes administrasi, psikotes, tes wawancara, dan tes tertulis. Walaupun status sekolah ini swasta (bukan milik pemerintah) prestasinya tidak dapat diragukan lagi misal di tahun 2012 untuk lomba English Speech Contest tingkat SMP se- Kabupaten Purworejo yang diadakan oleh SMK N 1 Purworejo SMP ini berhasil menjadi Juara 1 mengalahkan SMP terfavorit dengan hasil SMP DARUL HIKMAH juara 1, SMPN2 juara 2, SMPN1 juara 3, SMPN3 juara harapan 1. Rata-rata nilai UN dari sekolah ini juga selalu menduduki posisi 10 besar terbaik se Kabupaten Purworejo. Alumni dari sekolah ini tidak selalu melanjutkan ke SMA dengan yayasan yang sama alumni dari SMP ini ada yang  ke SMAN1, SMAN2, SMAN7, SMKN1 dan lain-lain.

 *SMP IT ULUL ALBAB PURWOREJO*
SMP IT Ulul Albab yaitu sekolah dengan kurikulum Islam Terpadu (IT) yang merupakan boarding school di mana mengedepankan kualitas untuk mewujudkan pendidikan keislaman yang berkualitas dalam bingkai iman dan taqwa serta ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Visi sekolah ini adalah menyiapkan generasi masa depan yang cerdas, kreatif, inovatif dan berakhlak mulia. Sekolah ini terletak di kecamatan bayan kutoarjo bersamaan dengan asramanya. Boleh dikata sekolah ini baru seumur jagung tapi untuk prestasi nilai UN sekolah ini tidak kalah dengan sekolah-sekolah negeri lainya. Menjadi siswa-siswi di sekolah ini harus melalui beberapa tahapan seleksi tidak hanya menggunakan nilai UN semata layaknya SMP Negeri lain. Penulis sendiri berharap dengan bermunculanya boarding-boarding school di Purworejo dengan manajeman modern bisa menghasilkan anak-anak yang memiliki aqidah benar dan berakhlakul karimah. Serta supaya mereka yang disekolahkan di sini memiliki keilmuan mumpuni, keislaman yang tinggi, kreatifitas tinggi, dan kemandirian guna menjawab tantangan masa depan. 

10. SMP NEGERI 18 PURWOREJO
SMP N 18 Purworejo menduduki posisi 10 besar favorit dan terbaik di kabupaten Purworejo, sekolah ini menjadi sekolah paling favorit bagi masyarakat kecamatan Kemiri yang dulunya dikenal dengan nama SMP N 1 Kemiri, wajar karena lokasinya di kecamatan Kemiri. Kendati gedung sekolah ini terletak jauh dari pusat kota dan sangat mewah (mefet sawah), tetapi hal itu tidak menyurutkan segenap warga sekolah untuk senantiasa memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Karena itu tidaklah mengherankan jika sederet prestasi berhasil dikoleksi oleh SMP Negeri 18 Purworejo.  Harus diakui, sekolah yang terletak di Jalan Raya Kemiri-Pituruh ini tahun demi tahun terus mengalami peningkatan. Berkat pencapaian prestasi yang diraih, SMP Negeri 18 kini namanya melejit dan mampu bersaing dengan sekolah-sekolah yang berada di kota. Walaupun SMP Negeri 18 Purworejo merupakan sekolah umum, namun dalam bidang keagamaan bisa dikata lumayan menonjol. Karena itu, SMP Negeri 18 Purworejo yang mempunyai visi Meraih Prestasi Berpijak Pada Budaya Bangsa ini mayoritas siswa muslimnya pasti sudah khatam dalam membaca Al-quran 30 Juz yang masuk dalam progam sekolah. Beberapa prestasi di tahun ajaran 2011/2012 antara lain juara 3 LCC tingkat kabupaten, juara 2 kejuaraan Pencak Silat Putra tingkat Provinsi, juara 3 MTQ Pelajar tingkat kabupaten, juara 3 Jumbara PMR tingkat kabupaten, juara 1 Lomba Lukis tingkat kabupaten, juara 1 FLS2N tingkat kabupaten dan juara 1 Tenis Meja tingkat kabupaten, dan lain-lain. Bisa kita lihat PPDB 2014 passing grade atau NEM masuk minimal 22.05 dengan nilai tertinggi 28.70. Sekolah yang sudah terkreditasi A ini akan terus meningkatkan prestasinya dan berbanding lurus dengan semakin mendapat kepercayaan dari masyarakat. Hal itu karena dilihat output SMP Negeri 18 Purworejo yang banyak diterima di sekolah-sekolah negeri kategori favorit di Kabupaten Purworejo misal SMAN2, SMAN4, SMAN7, SMAN1, SMKN1, SMKN2, SMKN4, SMKN6, dan lain-lain.


 










Refleksi :
Deretan 10 besar SMP Favorit kabupaten Purworejo tersebut kiranya cukup menjadi pertimbangan bagi adik-adik SD yang ingin memilih melanjutkan di sekolah idaman atau pun orang tua untuk memilih menyekolahkan anaknya di SMP mana. Tentunya 10 besar sekolah favorit di atas memiliki kurikulum, pendekatan, cara pengajaran, serta nilai-nilai yang berbeda-beda, terlebih untuk sekolah umum/negeri berbanding dengan sekolah swasta berbasis islam memiliki rundown sistem yang sangatlah berbeda. Jikalau penulis sendiri memiliki anak maka akan memilih deretan sekolah di atas dengan berbagai macam aspek pertimbangan. Seandainya anak penulis mendapatkan golden ticket bebas masuk SMP mana pun, maka penulis akan menganologikan dengan rumus rasionalisasi atas beberapa pertimbangan :

  1. Berdasarkan teori jarak tempuh jika anak saya mendapatkan golden ticket bebas masuk SMP di mana pun sedangkan tempat tinggal saya berada di kecamatan Kemiri maka dengan penekanan hasil pertimbangan pada jarak  tidak mungkin saya akan menyekolahkan anak jauh-jauh ke SMPN2 dengan jarak tempuh pulang pergi hampir 50 KM, tentunya saya lebih memilih menyekolahkan anak saya ke SMP N 18 Purworejo yang lokasinya berada di kecamatan Kemiri sekalipun anak saya mempunyai nilai UN 29 koma. Terlebih untuk anak SMP yang usianya masih 12 tahunan.
  2. Jika anak saya mendapatkan golden ticket bebas masuk SMP mana pun dan tempat tinggal saya berada di Kutoarjo berdasarkan aspek kualitas dan semangat bersaing maka tentunya penulis akan menyekolahkan anaknya di SMP N 3 Purworejo. 
  3. Jika anak saya mendapatkan golden ticket bebas masuk SMP mana pun dan tempat tiggal saya di Purworejo kota berdasarkan pertimbangan pengembangan potensi anak secara maksimal maka penulis akan menyekolahkan anaknya di SMP N 2 Purworejo.
  4. Jika anak saya mendapatkan golden ticket bebas masuk SMP mana pun dan tempat tinggal saya di daerah kutoarjo dengan aspek pertimbangan lingkungan yang plural dan sekolah merakyat maka saya lebih memilih menyekolahkan anak saya di SMP N 5 Purworejo, karena terbukti SMP inilah SMP merakyat dengan siswa-siswi yang sangat plural.
  5. Jika anak saya mendapatkan golden ticket bebas masuk SMP mana pun dan tempat tinggal saya di sekitar Purworejo kota atas dasar pertimbangan pada aspek nurani si anak dan hanya jika saya berambisi menyekolahkan ke SMP N 2, sedangkan permintaan anak ke SMP N 4 Purworejo, maka berdasar aspek kata hati nurani anak saya akan lebih memilih menyekolahkan anak di SMP N 4 Purworejo. Saya tidak menginginkan anak saya termakan ambisi saya biarlah dia menjalani apa yang dia inginkan di bawah kontrol saya sebagai orang tua tentunya. Karena tidak jarang di era menonjolnya kegengsian semata banyak anak-anak bersekolah dan merasa tertekan akibat dari ambisi dan cita-cita orang tua semata.
  6. Jika anak saya mendapatkan golden ticket bebas masuk SMP mana pun tanpa mencantumkan asas tempat tinggal namun tetap lebih mempertimbangkan aspek keagamaan maka saya lebih memilih menyekolahkan anak saya ke Boarding School yaitu SMP Darul Hikmah Kutoarjo maupun SMP IT Ulul Albab.


Masing-masing deretan sekolah di atas mempunyai ciri khas yang unik satu sama lain, paparan di atas bukan bermaksud mendikotomikan antara SMP favorit dan tidak favorit. Timbul pertanyaan saya benarkah keberhasilan siswa di sekolah favorit adalah benar-benar akibat sekolah mereka yang benar-benar bagus?  Maka saya akan menjawab pertanyaan ini dengan jawaban tidak walaupun mungkin bisa 'IYA". Pertanyaan dijawab tidak karena dapat dilihat pada faktor input siswa. Siswa yang masuk di sekolah-sekolah favorit sudah melewati seleksi yang ketat, sehingga sebenarnya kualitas mereka sudah baik sebelum mereka masuk di sekolah tersebut. Dengan kata lain, ini bukan disebabkan kepandaian sekolah memoles siswanya sehingga menjadi pintar, namun lebih disebabkan sejak awal siswa tersebut memang sudah pintar. Hal ini dapat kita bandingkan dengan kondisi di sekolah-sekolah yang tidak favorit. Mereka lebih banyak menerima siswa yang tidak berhasil diterima di sekolah favorit. Secara sistemik, inilah alasan kuat untuk mengatakan sekolah favorit bukanlah sekolah hebat karena pada dasarnya input mereka sudah baik. Namun pertanyaan saya tadi meungkinkan untuk dijawab "IYA"  karena sekolah favorit dapat mencetak siswa yang “lebih pintar” dengan didukung  fasilitas yang lebih lengkap. Jika kita bandingkan dengan sekolah tidak favorit. Fasilitas mereka tidak selengkap fasilitas sekolah favorit. Jika beracuan pada kata "TIDAK" dengan lantang saya katakan tidaklah ada sekolah yang jauh lebih bagus menggungguli ratusan tingkatan dari sekolah lain melainkan sekolah itu bagus dan baik dikarenakan ada sekumpulan anak-anak pintar hasil seleksi, dan bukanlah sekolah itu yang bagus. Pada dasarnya sekolah dimanapun sama tergantung siswanya sendiri apakah serius atau tidak menjalaninya dengan rasa penuh tanggung jawab untuk mengembangkan berbagai potensi yang dimilikinya.

Sumber-sumber :










3 komentar:

Lintang mengatakan...

Sepenuhnya saya setuj dengan simpulan, "Masing-masing deretan sekolah diatas mempunyai ciri khas yang unik satu sama lain, paparan diatas bukan bermaksud mendikotomikan antara SMP favorit dan tidak favorit"

Newsteen mengatakan...

tapi tetap label smp favorit bisa jadi rebutan siswa dan orang tua

Ummu hanz mengatakan...

Soal biaya bgmn yah?